Belajar Bass Mulai Dari Level Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Bass Yang Sistemik

shape image

Belajar Bass Mulai Dari Level Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Bass Yang Sistemik

Cara Belajar Bass Dari Tahapan Awal Sampai Level Akhir, Metode Belajar Bass Meliputi Teknik Dan Teori


Bass adalah termasuk alat musik golongan gitar yang memfokuskan pada karakter suara low frequency (nada rendah). Fungsinya secara umum untuk menegaskan nada rendah, memberi power yang kuat pada nada rendah, membentuk pola ritem (irama) dan menyatukan unsur-unsur suara berbagai instrument.

Karena bass asalnya dari gitar maka secara ilmu instrumentnya tentu sama. Perbedaannya hanya terletak pada penerapan fungsi dan fokus teknik bermainnya.


belajar bass dari dasar sampai akhir, urutan belajar bass yang baik dan benar, metode belajar bass, kurikulum belajar bass


Tahapan Mulai Dari Awal Cara Bermain Bass Yang Sistemik, Tepat Dan Benar


  • Secara umum, sama seperti poin-poin belajar gitar yagn sudah dijelaskan sebelumnya diantaranya kenali dulu anatomi bass, tentukan visi misi belajar bass, pilih metode belajar dan pelajari cara memasang senar bass juga stem (tuning) bass.

  • Tahapan awal masuk ke materi ilmunya adalah menghapal nada-nada pada fretboard bass sampai benar-benar hapal baik secara horizontal maupun vertikal.

  • Setelah itu, latih teknik dasar fingering senam jari bass agar jari menjadi lentur dan luwes. Perlu dicatat, bass memiliki ukuran senar yang besar sehingga membutuhkan teknik fretting yang kuat dalam menekannya dan bass juga memiliki ukuran fret yang sedikit lebih lebar, harus dibiasakan melatih teknik stretching agar jari lebih nyaman memainkannya.

  • Setelah fingering, masuk ke pelajaran berikutnya yakni menghapal formula chord (chord tones) atau nada-nada pembentuk chord untuk basic chords (mayor dan minor), hapalan ini sangat penting karena permainan bass tidak jauh-jauh dari chord tones, hapalkan dan latih teknik bermainnya dengan baik.

  • Karena bass identik sebagai pembentuk irama, maka mulailah latih teknik ritem bass, pelajari pola-pola ritemnya dengan baik dan benar.

  • Selanjutnya, latih teknik-teknik dasar bermain bass seperti cara tekan nada, cara petik single / double / triplet note, hammering, sliding, arpeggio dan lain-lain.

  • Tahap berikutnya, pelajari kunci/chord variasi seperti suspended chords, chord5, M6, dom7, m7, M7, dim, aug, slash chords dan lain-lain. Chord variasi berfungsi untuk memenuhi unsur harmoni chord yang dibutuhkan dan memperkaya permainan nada bass.

  • Pelajari juga family chord dan bridge chords sebagai panduan bermain progresi chord yang benar dan variatif.

  • Berikutnya, bass sama seperti gitar dalam permainan melodinya, biasanya bermain melodi di bass disebut solo bass. Untuk inilah wajib hapal scale (tangga nada) seperti mayor, minor, dominant, pentatonik, minor harmonik, blues scale, kromatik dan lain-lain dan juga mode seperti ionian, dorian, phrygian dan seterusnya.

  • Tentu agar permainan bass lebih 'naik kelas' lagi maka harus menguasai juga cara bermain harmoni bass, dalam tahap ini pemain bass dituntut untuk memiliki kematangan teknik dan wawasan teori bass yang cukup.

  • Tahap akhir, sama seperti di gitar yakni belajar improvisasi, dalam permainan improvisasi bass harus memiliki syarat yang terpenuhi diantaranya wajib matang secara teknik, tahu rumus teori dengan baik, punya jiwa eksplorasi improvisasi yang kuat.

  • Itulah tahapan-tahapan belajar bermain bass yang tepat dan sistemik (berurut). Karena untuk mendalaminya bukanlah hal yang mudah jika dipelajari sendiri, maka berguru adalah pilihan yang bijak dan tepat. Reyal musik membuka program kursus/les bass dengan metode belajar yang lebih musikal, lebih ritmik dan lebih baik.

    Silahkan disimak video-video tutorial dasar bermain bass di channel youtube reyal musik klik BELAJAR BASS MUDAH, LENGKAP DAN CEPAT.



    ( Words / Lesson by Dani MKD @reyalmusik )


    © Copyright 2024 Kursus Les Musik Tempat Belajar Terbaik Di Jakarta.

    Halo semua!

    Silahkan hubungi chat kami berikut ini untuk info lebih lengkap

    Studio Reyal Musik
    6281280951862
    Kami akan membalas secepatnya.
    Silahkan bertanya, kami akan menjawab
    ×
    Chat