Belajar Gitar Mulai Dari Level Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Gitar Yang Sistemik

shape image

Belajar Gitar Mulai Dari Level Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Gitar Yang Sistemik

Cara Belajar Gitar Dari Tahapan Awal Sampai Akhir, Metode Belajar Gitar Meliputi Teknik Dan Teori


Gitar adalah alat musik paling merakyat dan membumi sehingga banyak yang mempelajarinya. Meskipun peminat alat musik ini banyak namun jumlah yang bisa memainkannya dengan baik, benar dan berkualitas itu tidaklah banyak.

Alat musik gitar jika ingin dimainkan dengan apik dan indah membutuhkan kombinasi yang kuat mengikat antara potensi bakat, metode belajar dan latihan yang keras.

Terutama kita harus memahami sistematika (urutan) ilmunya sehingga proses belajar menjadi lebih terukur dan sistemik, inilah yang menentukan berhasil tidaknya seseorang dalam menjalani proses belajar gitar yang baik dan benar. Faktanya banyak yang gagal menguasai instrument gitar meski sudah berlatih tahunan hanya karena sebab tidak berurut dan sistemik proses belajarnya.


belajar gitar dari dasar sampai akhir, urutan belajar gitar yang baik dan benar, metode belajar gitar, kurikulum belajar gitar


Urutan Belajar Gitar Yang Benar, Tepat Dan Efektif


  • Mengenal anatomi bagian gitar, mulai dari head, tuner, nut, fretboard/neck, body, hole, bridge, senar, dan lain-lain.

  • Tahu visi misi belajar gitar, visi (pandangan) tentang gitar itu seperti apa, mulai dari mengenali pilihan metode belajarnya, kendala-kendala dalam proses belajarnya, fungsi dan kegunaan alat musiknya, dan sebagainya. Misi adalah tahu tujuan belajar gitar, apakah hanya untuk sekedar menyalurkan hobi atau untuk tujuan yang lebih serius yakni sebagai karir musik.

  • Memilih minat mau belajar mendalami gitar akustik atau gitar elektrik, pilih sesuai minat dan keinginan.

  • Memilih metode belajar musik, apakah dengan metode reading (baca not balok partitur) atau metode seperti yang diterapkan dalam kurikulum belajar di reyal musik yakni metode hearing (play by ear).

  • Belajar dulu yang paling dasar di gitar sebelum masuk ke ilmunya yakni belajar cara merawat gitar, memasang senar gitar, menyetem senar gitar dan lain-lain.

  • Sekarang baru mulai masuk ke tahap awal materi ilmunya, mulai dulu menghapal nada-nada di fretboard gitar sampai benar-benar hapal baik secara horizontal maupun vertikal.

  • Kemudian setelah hapal fretboard, silahkan masuk ke pelajaran latihan fingering senam jari gitar, tujuannya untuk meluweskan pergerakan jari dan koordinasi tangan.

  • Setelah lancar teknik fingering, mulai masuk ke belajar kunci/chord dasar gitar, pelajari dulu 12 chord mayor dan 12 chord minor dilatih dengan teknik petikan dan genjrengan (strumming) sampai benar-benar lancar. Sangat direkomendasikan dilatih lengkap dengan teknik flatpickingstyle (menggunakan pick gitar) dan fingerstyle (langsung dengan jari).

  • Setelah lancar basic chords, lalu tahap berikutnya mulai pelajari chord-chord variasi gitar seperti suspended chords, power chord, M6, dom7, m7, M7, diminished chords, slash chords, augmented chords dan lain-lain. Dalam tahap ini tidak perlu sampai benar-benar menguasai penerapannya (pendalaman nanti di level berikutnya) tapi setidaknya mengenal dulu bunyi dan pola bentuknya.

  • Hapalkan family chord (keluarga chord) dan pemanisnya yakni bridge chords (kunci penghubung / chord jembatan).

  • Setelah belajar chord sudah mulai ok, masuk ke teknik bermain gitar ritem (ritmik), disini usahakan kenali multi style dari banyak genre musik, perbanyak wawasan musik dan lagu dari macam-macam aliran musik.

  • Setelah kemampuan skill ritmik sudah mulai matang, masuk ke pelajaran basic melody, kenali dulu berbagai teknik-teknik dasar bermain melodi seperti hammering, sliding, pivot, arpeggio, skipping, tapping, dan lain-lain, juga latih dengan baik teknik single picking, double picking, triplet picking dan lain-lain, dan tak kalah pentingnya adalah wajib tahu scale (tangga nada) pokok seperti major scale, minor scale, pentatonic scale, blues scale, harmonic minor scale, chromatic scale, dan sebagainya, juga hapalkan mode seperti ionian, dorian, phrygian, dan seterusnya.

  • Setelah mulai stabil secara teknis dalam bermain melodi dan ritem, masuk ke tahap berikutnya yakni belajar ilmu harmoni, ini bukan tahapan yang mudah karena dituntut harus siap secara skill teknik maupun pemahaman rumus teorinya. Di reyal musik tahapan belajar harmoni dan lanjutannya yakni improvisasi disebut dengan istilah 'mastery level' (tingkat penguasaan), bukan level yang mudah ditaklukkan tapi bisa dengan latihan keras.

  • Dan yang terakhir dalam tahapan belajar gitar secara umum adalah belajar bermain improvisasi gitar, tahapan ini biasa disebut sebagai 'puncak pembelajaran' karena segala macam eksplorasi teknikal maupun musikal ada dalam tahap ini, dalam level ini kita harus siap bermain secara mandiri, bebas, ekspresif, eksploratif hingga inovatif.

  • Itulah kira-kira atau kurang lebihnya tahapan-tahapan belajar gitar yang sistemik dan terukur, dengan mengikuti urutan belajar seperti ini, kita akan bisa belajar gitar dengan lebih efektif sehingga mampu meraih skill bermain gitar yang lebih optimal dan maksimal.

    Beberapa video tutorial belajar gitar yang penting dan fundamental telah di-share di youtube reyal musik, silahkan meluncur kesana klik BELAJAR GITAR CEPAT, MUDAH DAN LENGKAP.

    Akhir kata, ternyata fakta membuktikan bahwa tahapan-tahapan belajar diatas umumnya sangat sulit jika dipelajari sendiri (otodidak), sangat dianjurkan untuk berguru. Reyal musik membuka program kursus/les gitar dengan metode belajar yang lebih efektif, lebih musikal, lebih multi stylish, lebih cerdas dan lebih baik.



    ( Words / Lesson by Dani MKD @reyalmusik )


    © Copyright 2024 Kursus Les Musik Tempat Belajar Terbaik Di Jakarta.

    Halo semua!

    Silahkan hubungi chat kami berikut ini untuk info lebih lengkap

    Studio Reyal Musik
    6281280951862
    Kami akan membalas secepatnya.
    Silahkan bertanya, kami akan menjawab
    ×
    Chat