Belajar Membuat Aransemen Musik Mulai Dari Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Aransemen Yang Sistemik

shape image

Belajar Membuat Aransemen Musik Mulai Dari Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Aransemen Yang Sistemik

Cara Belajar Membuat Aransemen Musik Dari Tahap Awal Sampai Akhir, Metode Belajar Aransemen Meliputi Teknik Dan Teori


Teknik cara membuat aransemen musik yang baik dan benar tentunya harus diawali dengan kemampuan skill bermusik dari sang arranger (penata musik), khususnya skill instrumentasi. Idealnya seorang arranger itu harus bisa menguasai 3 alat musik dengan baik agar terbentuk secara otomatis apa yang dinamakan skill harmoni instrument.

Ya, walaupun secara fakta lapangan, banyak juga arranger musik yang hanya menguasai satu alat musik, bahkan ada juga yang hanya secukupnya tidak terlalu menguasai alat musik. Ini akan sangat berpengaruh pada kedalaman kualitas aransemen yang akan dibuatnya.

Dan yang tak kalah fundamentalnya adalah seorang arranger musik wajib memiliki wawasan pengetahuan musik yang luas, harus kenal banyak lagu/musik dari berbagai macam aliran genre musik, ini sangat penting karena ide, gagasan dan pemikiran tentang aransemen berawal dari kepekaan musikalnya, kepekaan ini hanya bisa dibentuk lewat wawasan musik yang luas.


belajar membuat aransemen musik dari dasar sampai akhir, urutan belajar aransemen musik yang baik dan benar, metode belajar aransemen musik, kurikulum belajar aransemen musik


Syarat Dan Tahapan Cara Membuat Aransemen Musik Dari Awal Hingga Akhir


  • Arranger musik harus bisa memainkan dengan baik minimal 1 alat musik (direkomendasikan 3 alat musik). Jika cuma bisa satu alat musik maka pilih antara gitar atau piano keyboard, jika bisa dua alat musik maka pilih antara gitar dan drum atau piano keyboard dan drum dan apabila bisa tiga alat musik maka tentunya gitar, piano keyboard dan drum, dan jauh lebih baik lagi jika bisa empat alat musik yakni gitar, piano keyboard, drum dan bass.

  • Perbanyak mendengar lagu/musik dari berbagai style musik, kumpulkan dan buat daftar periode musik mulai dari era tertentu sampai ke era tertentu, juga kelompokkan berdasarkan genre musik, karakter musik atau warna musik. Tahapan ini butuh guide dari orang yang lebih paham.

  • Tentunya bagi setiap arranger untuk bisa memudahkan proses pekerjaan maka harus menguasai juga aplikasi/software rekaman karena semua konsep dan ide aransemen harus direkam.

  • Dalam tahapan dasar membuat aransemen musik/lagu adalah menentukan referensi musik maunya seperti karakter musik apa, setelah itu awali dulu dengan membuat guide lagu sebagai panduan dasar.

  • Selanjutnya, jika lagu/musik yang akan digarap ada permainan drumnya maka utamakan buat dulu permainan drumnya, saat ini sudah dimudahkan dengan adanya drum midi sehingga arranger bisa melakukan banyak experiment. Jika tanpa drum, maka bisa langsung masuk ke instrument pokoknya.

  • Setelah drum, fokus ke bass, untuk aransemen dasar usahakan drum dan bass didahulukan pembuatannya karena kedua instrument ini adalah pembentuk irama dasar, setelahnya baru diisi instrument-instrument lainnya seperti gitar, piano keyboard, dan lain-lain.

  • Alat musik yang berkarakter harmonik seperti gitar dan piano keyboard menjadi instrument penguat karena bisa menghadirkan banyak permainan nada, harmoni dan sentuhan musikal, perhatikan benar-benar penggunaannya dalam part-part komposisi aransemen mulai dari intro, verse, bridge, chorus, interlude, solo instrumental hingga ending lagu.

  • Ciptakan nuansa dinamika lagu/musik dengan membuat normal part, silent part, climax part dan lain-lain. Tentukan juga mana part-part yang menonjolkan instrument tertentu.

  • Bila ada penekanan pada vokal atau lirik lagu di part tertentu maka mundurkan suara instrument dan majukan volume vokal, jika ingin karakter 'closy' maka vokal cukup 'dry' saja, jangan diberi efek apapun, apabila ingin nuansa dimensional maka beri efek pada vokal, bisa delay, chorus, reverb, flanger, echo dan lain-lain.

  • Perhatikan tumpang tindih frekuensi, artinya seorang arranger harus peka dengan benturan frekuensi, biasanya benturan kerap terjadi pada permainan gitar dan piano pada middle frequency atau antara suara gitar bass dan bass drum pada low frequency, atur permainan supaya bisa saling mengisi dan bergantian.

  • Perhatikan teknik following instrument dan juga pembagian harmoni vokal jika dibutuhkan.

  • karakter aransemen musik tergantung pilihan genre musik, arranger harus pintar memilah dan memilih terkait instrument apa saja yang digunakan dan warna bunyi apa yang fixed dengan style yang diinginkan.

  • Dan tentunya masih banyak lagi poin-poin lainnya, untuk lebih lengkap baca artikel ini klik 11 CARA MEMBUAT ARANSEMEN MUSIK/LAGU YANG BAGUS DAN BERKUALITAS.

    Untuk mendalami ilmu aransemen musik memang sangat tidak mudah, untuk itulah dibutuhkan sosok yang bisa membimbing kita. Reyal musik membuka program spesial kursus/les aransemen musik (arranger musik / penata musik) dengan metode belajar yang efektif, musikal dan lebih baik.



    ( Words / Lesson by Dani MKD @reyalmusik )


    © Copyright 2024 Kursus Les Musik Tempat Belajar Terbaik Di Jakarta.

    Halo semua!

    Silahkan hubungi chat kami berikut ini untuk info lebih lengkap

    Studio Reyal Musik
    6281280951862
    Kami akan membalas secepatnya.
    Silahkan bertanya, kami akan menjawab
    ×
    Chat