Belajar Drum Mulai Dari Level Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Drum Yang Sistemik

shape image

Belajar Drum Mulai Dari Level Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Drum Yang Sistemik

Cara Belajar Drum Dari Tahapan Awal Sampai Level Akhir, Metode Belajar Drum Meliputi Teknik Dan Teori


Drum adalah alat musik pukul (perkusi) membranofoni yang menjadi penyemarak permainan full band, pembentuk utama ritem dan penjaga tempo. Fungsi pemain drum memang sangat vital dalam permainan grup band. Untuk inilah dibutuhkan skill bermain yang cukup bagi setiap drummer.

Metode belajar drum yang lebih efektif dibutuhkan agar proses dan tujuan belajar lebih lancar dan terpenuhi. Pendekatan belajar drum yang lebih baik adalah seimbang dari sisi teknikal maupun musikal, bila perlu dilebihkan maka idealnya lebihkan sedikit unsur musikalnya.


belajar drum dari dasar sampai akhir, urutan belajar drum yang baik dan benar, metode belajar drum, kurikulum belajar drum


Tahapan Sistemik Belajar Drum Mulai Dari Awal Hingga Akhir


  • Latihan teknik dasar bermain drum, latihan pukulan tangan dasar seperti single stroke, double stroke dan lain-lain.

  • Latih kekuatan dan kestabilan pukulan tangan dan kaki (bass drum), bisa dilatih sekaligus dengan memainkan birama dasar seperti 2/4 atau 4/4.

  • Selanjutnya, latihan bermain irama dasar agar bisa cepat terbentuk kemampuan koordinatif yang baik antara tangan dan kaki. Sekaligus latih juga penerapan tempo mulai dari pelan, sedang hingga cepat.

  • Tahap berikutnya, latih pukulan-pukulan kombinasi tangan pada snare, tom, hihat dan cymbal.

  • Kemudian, latih cara bermain fill in (isian) dan variasi pukulan.

  • Perdalam teknik ritem drum (ritmik) dengan belajar mengenal macam-macam style bermain drum berbagai aliran genre musik, semakin luas wawasan musik maka semakin baik skill kombinatif dalam bermain drum dan juga semakin bagus kepekaan musikal dari sang drummer.

  • Belajar bermain solo drum, terkadang di part-part tertentu dalam permainan musik/lagu ada kalanya ada bagian dimana drum bisa bermain solo (sendiri), pelajari caranya dan timingnya.

  • Tahap akhir adalah teknik improvisasi drum, dalam tahap ini pemain drum (drummer) harus siap secara skill teknis dan wawasan musik karena tahap ini membutuhkan kemandirian, kebebasan dan eksplorasi.

  • Itulah langkah atau tahapan belajar bermain drum mulai dari awal hingga akhir. Untuk bisa mempelajarinya dengan tepat, baik dan benar tentu berguru merupakan pilihan yang bijak. Reyal musik membuka program kursus/les drum dengan metode belajar yang lebih musikal, lebih ritmik dan lebih baik.



    ( Words / Lesson by Dani MKD @reyalmusik )


    © Copyright 2024 Kursus Les Musik Tempat Belajar Terbaik Di Jakarta.

    Halo semua!

    Silahkan hubungi chat kami berikut ini untuk info lebih lengkap

    Studio Reyal Musik
    6281280951862
    Kami akan membalas secepatnya.
    Silahkan bertanya, kami akan menjawab
    ×
    Chat