Belajar Menulis Lagu Mulai Dari Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Membuat Lagu Yang Sistemik

shape image

Belajar Menulis Lagu Mulai Dari Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Membuat Lagu Yang Sistemik

Cara Belajar Mengarang Lagu Dari Tahap Awal Sampai Akhir, Metode Belajar Membuat Lagu Meliputi Teknik Dan Teori


Untuk bisa menjadi seorang penulis lagu / pengarang lagu / pencipta lagu yang profesional dibutuhkan syarat-syarat yang cukup ketat diantaranya punya potensi kepekaan nada lewat bakat musikal, punya wawasan musik yang luas, sangat direkomendasikan bisa bermain alat musik dengan baik dan tentunya bisa menyanyi walaupun tidak harus sebagus seorang penyanyi.

Seorang pencipta lagu ada yang cuma bisa membuat nada, ada juga yang cuma bisa membuat lirik dan yang paling ideal adalah yang memiliki kemampuan tonal dan lirikal secara seimbang.


belajar membuat lagu dari dasar sampai akhir, urutan belajar menulis lagu yang baik dan benar, metode belajar mengarang lagu, kurikulum belajar menciptakan lagu


Syarat Dan Tahapan Cara Belajar Menulis Dan Membuat Lagu


  • Bakat bawaan, ini adalah poin utama. Biasanya sudah terlihat dari minat menulis lagu.

  • Bisa menyanyi dan bermain alat musik, ini adalah penunjang utama.

  • Punya wawasan musik luas, tahu banyak style musik dari berbagai macam aliran musik akan sangat membantu dalam membangun ide dan gagasan musikal.

  • Punya skill lirikal, artinya punya kemampuan menulis lirik lagu, merangkai kata dan menyusun kalimat yang bagus dan menarik, poin ini memang tidak mutlak karena ada juga pencipta lagu yang tidak pandai membuat lirik, hanya bagus di ide membuat nada, namun jika punya skill ini maka komplit sudah status sebagai penulis lagu. Ada juga yang tidak membuat nada lagu, hanya membuat lirik, ini disebut penulis lirik (lyricist).

  • Untuk langkah pertama membuat lagu, ada 3 versi, versi pertama: buat lirik dulu, nada kemudian, versi kedua: buat nada dulu, lirik kemudiam, versi ketiga: buat secara bersamaan lirik dan nada. Ini adalah cuma soal kebiasaan dan mood, pilih mana yang disukai.

  • Tentukan referensi lagu maunya seperti genre musik apa atau warna musik apa. Referensi menentukan karakteristik penentuan nada lagu dan lirik lagu.

  • Harus mengetahui teknik membuat nada lagu seperti nada-nada chord (formula), scale (tangga nada), nada statis dan dinamis, dan lain-lain. Juga atur progresi chord (chord lagu yang disusun sebagai pengiring nada lagu).

  • Buat nada-nada repetisi (pengulangan) untuk part lagu yang pokok dan ciptakan dinamika lagu dari suasana datar hingga klimaks..

  • Buatlah karakter nada yang spesial untuk part lirik lagu yang ingin ditonjolkan.

  • Atur lagu agar sesuai dengan komposisi lagu yakni mulai dari intro, verse, bridge, chorus, interlude hingga ending..

  • Nada lagu secara umum mengikuti tema lirik lagu, lagu-lagu romantis seperti lagu cinta memiliki karakter nada tersendiri, begitupun lagu tentang kehidupan, tentang alam, tentang persahabatan, tentang keadaan sosial, tentang religi dan lain-lain.

  • Lagu jika sudah selesai dibuat, maka tahap berikutnya serahkan kepada arranger musik untuk dibuatkan aransemen musiknya dan direkam agar menjadi karya lagu/musik yang lengkap dan utuh dalam bentuk rekaman.

  • Itulah tahapan-tahapan membuat lagu yang berurut dan efektif. Untuk lebih detail lagi tentang cara membuat lagu silahkan baca artikel klik CARA MEMBUAT LAGU YANG BAGUS, ENAK DAN BERKUALITAS dan CARA MEMBUAT LIRIK LAGU YANG BAIK, MENYENTUH DAN BERKUALITAS.

    Memang untuk bisa menguasai ilmunya secara baik lebih dianjurkan untuk belajar kepada ahlinya. Reyal musik membuka program kursus/les menulis lagu (songwriter) untuk penulis / pengarang / pencipta lagu dengan metode belajar yang lebih efektif, musikal dan lebih baik.



    ( Words / Lesson by Dani MKD @reyalmusik )


    © Copyright 2024 Kursus Les Musik Tempat Belajar Terbaik Di Jakarta.

    Halo semua!

    Silahkan hubungi chat kami berikut ini untuk info lebih lengkap

    Studio Reyal Musik
    6281280951862
    Kami akan membalas secepatnya.
    Silahkan bertanya, kami akan menjawab
    ×
    Chat