Belajar Piano Keyboard Mulai Dari Level Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Piano Yang Sistemik

shape image

Belajar Piano Keyboard Mulai Dari Level Dasar Sampai Akhir, Urutan Belajar Piano Yang Sistemik

Cara Belajar Piano Keyboard Dari Tahapan Awal Sampai Level Akhir, Metode Belajar Meliputi Teknik Dan Teori


Piano dan keyboard adalah instrument yang sama, cuma berbeda di format alat musiknya, piano ada dalam 2 versi yakni akustik dan elektrik, sedangkan keyboard (biasa juga disebut 'anaknya' piano) hanya ada dalam versi elektrik. Piano umumnya harganya lebih mahal, sedangkan keyboard lebih membumi dan lebih praktis.

Belajar piano sama seperti belajar instrument-instrument bernada lainnya seperti gitar, bass, biola dan lain-lain. Artinya? ya harus kenal dengan teori-teori dasar musik seperti tangga nada dan chord lalu mempraktekkannya atau melatihnya dengan baik, rutin dan tepat.

Sama seperti penjelasan sebelumnya tentang gitar, piano juga memiliki tahapan-tahapan belajar yang wajib dilalui untuk bisa menggapai skill bermain piano keyboard yang bagus dan ideal.

Piano tergolong alat musik yang memiliki karakter bunyi yang lembut, oleh sebab inilah umumnya permainan piano cenderung lebih 'pop' dan cocok dimainkan untuk musik/lagu yang melankolis dan tenang. Namun ini tidak mutlak, karena piano keyboard bisa juga dimainkan untuk musik-musik yang enerjik, ceria dan semangat.


belajar piano keyboard dari dasar sampai akhir, urutan belajar piano yang baik dan benar, metode belajar piano, kurikulum belajar piano


Tahapan Belajar Piano Keyboard Yang Lebih Efektif Dan Sistemik


  • Hapalkan terlebih dahulu 12 nada pokok piano (7 nada di tuts putih, 5 nada di tuts hitam), hapalkan nama nadanya baik dengan not huruf maupun not angka.

  • Kemudian, latih senam jari fingering piano keyboard, biasanya menggunakan tangga nada mayor (doremifasolasido), latih mulai dari tangan kiri lalu tangan kanan dan mainkan kedua tangan secara bersamaan. Latih sampai benar-benar koordinatif dan lancar.

  • Setelah fingering, mulailah melatih cara menekan chord-chord dasar (mayor dan minor) dengan tiga jari, latih di kedua tangan dengan teknik blocking, broken, dan lain-lain.

  • Tahap berikutnya, latih cara dan teknik bermain inversi chord piano, latih pola-polanya baik di tangan kanan maupun kiri sampai benar-benar lancar.

  • Kemudian, masuk ke tahapan belajar kunci/chord variasi piano keyboard, mulailah dengan mempelajari suspended chords, chord 5, mayor6, dom7, m7, M7 dan lain-lain. Tahap ini cukup mempelajari dulu cara menekannya, mengenal bunyinya dan latihan progresi dasarnya, belum masuk ke materi pendalaman (akan didalami di level berikutnya).

  • Hapalkan family chord (kunci keluarga) dan bridge chords (chord jembatan atau kunci penghubung).

  • Selanjutnya adalah mengenal cara bermain ritem piano keyboard, kenali karakter ritem dengan memperbanyak wawasan musik, harus banyak tahu dan kenal lagu/musik dari banyak aliran genre musik.

  • Tahap berikutnya, belajar bermain melodi piano keyboard, pelajari dulu teknik-teknik dasarnya seperti basic scaling, sequencing, bermain dinamika, skipping, pivot, single note, double note, triplet note, ornamen dan lain-lain. Wajib tahu scale (tangga nada) seperti mayor, minor, dominant, pentatonik, minor harmonik dan lain-lain, juga harus kenal mode seperti ionian, dorian, phrygian dan seterusnya.

  • Berikutnya adalah masuk ke tahap 'mastery level' yakni belajar harmoni piano, disini dituntut untuk siap dalam segi teknis maupun rumus teori, tentu bukan level yang mudah, tapi bisa dilalui dengan latihan yang keras.

  • Tahap akhir adalah belajar improvisasi piano, di tahap ini kita harus mengeluarkan semua potensi teknikal maupun musikal yang kita miliki karena improvisasi membutuhkan 'ruang bermain' yang luas dan lebar. Ini adalah tahap kemandirian instrumentasi dan eksplorasi musikalitas.

  • Untuk bahan latihan dasar bermain piano keyboard, reyal musik sudah meng-upload banyak tutorial piano keyboard untuk pemula, silahkan klik BELAJAR PIANO KEYBOARD DASAR, MUDAH, LENGKAP.

    Untuk mempermudah anda dalam mendalami permainan piano keyboard (karena tahapan-tahapan diatas sulit sekali jika dipelajari sendiri secara otodidak) maka sebaiknya anda ikuti program les piano keyboard, reyal musik membuka program kursus/les piano keyboard dengan metode belajar yang lebih musikal dan lebih efektif.



    ( Words / Lesson by Dani MKD @reyalmusik )



    © Copyright 2024 Kursus Les Musik Tempat Belajar Terbaik Di Jakarta.

    Halo semua!

    Silahkan hubungi chat kami berikut ini untuk info lebih lengkap

    Studio Reyal Musik
    6281280951862
    Kami akan membalas secepatnya.
    Silahkan bertanya, kami akan menjawab
    ×
    Chat